Senin, 21 Maret 2011

IDE untuk bertanam secara aquaponic

Aquaponic adalah suatu sistem produksi pangan berkelanjutan yang mengkombinasikan antara sistem aquaculture tradisional (budidaya ikan) dengan sistem hydroponic (bertanam dengan media air) dalam suatu lingkungan terpadu yang saling bergantung.

Prinsip kerjanya adalah simbiosis mutualisme diantara kedua lingkungan tersebut. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

1. Di dalam lingkungan aquaculture, ikan-ikan akan menghasilkan limbah sebagai hasil dari metabolisme. Limbah ini jika terkonsentrasi dalam jumlah tinggi di dalam kolam, akan menjadi racun bagi ikan serta biota lain yang ada di dalamnya.

2. Limbah ini kemudian dipompa ke atas untuk kemudian disalurkan ke tempat media tanaman hydroponic . Limbah sisa metabolisme dari ikan ini merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan tanaman. 3. Limbah ini kemudian diserap tanaman dan disaring menggunakan filter sehingga air yang dialirkan kembali ke dalam kolam merupakan air yang jernih bahkan kaya akan oksigen yang sangat baik untuk ikan.

Bertanam secara aquaponic adalah salah satu alternatif dalam produksi pangan secara mandiri dalam lingkungan yang terbatas lahannya. Untuk lebih detail mengenai teknis pembuatan sistem aquaponic silakan baca artikel Aquaponic 4 u.

2 komentar:

  1. aquaponic emang the best! thanks infonya bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, sistem ini menghemat penggunaan air jadi sangat ramah lingkungan

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...