Senin, 26 Maret 2012

Jenis sayuran yang mudah ditanam di kebun

Bertanam sendiri sayur mayur di halaman rumah anda adalah cara yang sangat ideal untuk memenuhi nutrisi dan gizi keluarga anda. Selain menghemat anggaran juga dipastikan bebas bahan kimia dan pestisida. Jika anda adalah pemula dalam bercocok tanam, berikut ini adalah beberapa jenis sayuran yang mudah untuk tumbuh berkembang dengan mudah, sehingga kebun sayuran anda akan tampil lebih semarak dan menyehatkan.

Bertanam sayuran dapat juga dilakukan di dalam pot 

Selada 
Menurut penelitian dari Clemson University, selada adalah jenis sayuran yang sangat mudah tumbuh di kebun. Jenis yang sering ditanam adalah yang berdaun hijau dan merah, cocok untuk salad, sandwich, ataupun pelengkap hidangan lauk. Selada memiliki khasiat yang baik dalam menjaga keseimbangan tubuh karena kaya akan mineral, iodium, fosfor, besi, tembaga, cobalt, seng, kalsium, mangan, dan potasium.

Tomat
Tomat mudah ditanam di kebun rumah karena perawatannya minimal, juga memiliki warna yang menarik untuk menghiasi kebun anda. Tanaman tomat membutuhkan pH tanah antara 6 dan 7. Tanaman ini hanya perlu disiram dua atau tiga kali seminggu.

Lobak
Tanaman lobak mudah tumbuh di lahan yang kaya akan sinar matahari. Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat dan bahkan siap untuk dipanen kurang dari sebulan. Penyiraman dapat dilakukan setiap beberapa hari untuk menghasilkan pertumbuhan yang optimal. Sayuran lobak kaya akan magnesium, folic acid, kalsium dan potassium.

Wortel
Wortel ditanam dari benihnya yang berupa biji. Wortel adalah tanaman subtropis yang memerlukan suhu dingin namun cukup sinar matahari. Diperlukan tanah yang subur, gembur dan kaya akan humus dengan pH 5,5 sd 6,5. 

Bayam
Bayam adalah sayuran berbunga tahunan yang tumbuh subur di tanah yang kaya sinar matahari. Bayam membutuhkan ketersediaan air yang cukup untuk pertumbuhannya. Dianjurkan untuk menanam bayam di awal musim hujan atau di akhir musim kemarau.

Kacang Hijau
Menurut Dr.Leonard Perry dari Universitas Vermont, kacang hijau adalah jenis tanaman yang paling mudah tumbuh. Biji dapat ditanam pada tanah yang hangat dengan suhu 70 derajat fahrenheit. Tanaman akan tumbuh dengan cepat antara dua sampai tiga minggu kemudian. Tanaman kacang akan melakukan penyerbukan sendiri, namun untuk mencegah penyakit sebaiknya menanam benih yang baru setiap tahunnya. 

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...