Bagaimana membuat taman di dalam rumah

Taman di dalam rumah atau inner court merupakan ide menarik yang dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya. 

Inner court di dalam rumah akan memberikan manfaat diantaranya :
1. Memberikan pencahayaan dan penghawaan alami. Hal ini baik untuk menjadikan rumah lebih sehat karena sirkulasi udara yang lancar serta sinar matahari yang menyehatkan.
2. Memberikan kesan luas dan lapang sehingga mampu meredakan stress setelah seharian beraktivitas.
3. Sebagai tempat berkumpul (meeting point) dan bersosialisasi bagi keluarga. 

Posisi inner court (taman) dapat ditempatkan di dekat ruang keluarga, ruang makan, atau bisa juga di dekat ruang ibadah. Ukuran luas taman (inner court) tidak ada batasan yang penting proporsional dengan luas rumah. Dengan luasan yang ada dapat di maksimalkan dengan tanaman / pepohonan , kursi taman , lampu sorot dan air mancur. Pemilihan jenis tanaman ataupun pepohonan di dalamnya dapat menciptakan suasana yang berbeda. Misalnya jika menginginkan kesan eksotik pada area ini anda dapat menanam pohon kamboja atau ketapang kencana. Namun jika suasana tropis yang anda inginkan maka penempatan pohon cemara , pinus , bambu china , atau palem adalah pilihan yang tepat.

Anda dapat pula memanfaatkan secara maksimal fungsi inner court dengan menambahkan bebatuan koral di taman. Hamparan batu koral selain memperindah taman juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Caranya dengan berjalan di atas hamparan batu tersebut. Permukaan batu alam yang kasar dapat memperlancar peredaran darah.

Rumah anda bisa saja berukuran kecil ataupun sederhana. Namun di saat anda mulai memikirkan untuk membangun sebuah taman di dalam rumah, maka anda telah mempersiapkan modal bagi kenyaman hidup bagi keluarga anda.

Komentar