Penataan ruang tamu gaya Urban Style, Klasik, Feng Shui dan Modern Minimalis

Perabotan modern kini sedang mengalami tren. Furnitur modern lebih simple, sederhana dan lebih sedikit ornamen dibandingkan furnitur tradisional. Gaya modern internasional yang lebih mengutamakan sisi fungsionalitas telah memasuki ruang hidup keluarga modern saat ini.

Sumber : http://blog.blinds-wizard.co.uk

Urban Style
Untuk menampilkan ruang tamu modern dengan urban style, bisa dicoba dengan pemilihan warna coklat tua atau kayu hitam yang mengkilap. Pertimbangkan pula pemilihan material logam, kaca dan keramik sebagai penekanan pada ruangan. Tambahkan pada ruangan tersebut sofa kulit dan meja kayu atau logam. Jika ruang tamu terlalu sempit, maka pertimbangkanlah untuk tidak meletakkan sofa. Kita bisa meletakkan kursi-kursi seperti, arm chair, club chair, lounge chair dalam berbagai ukuran pada sejumlah titik seperti perapian, TV atau coffe table. Gunakan banyak bantal dengan tekstur dan warna yang berbeda. Hiasi dinding dengan lukisan pop art. Hidupkan ruang keluarga anda seperti nuansa kota-kota modern di Belgia, Italia dan Skandinavia.

Modern Mid-Century Vintage
Ada banyak sebutan untuk furnitur retro modern. Ini adalah masa dimana furnitur modern yang dibuat sekitar tahun 1950-an sampai 1960-an. Biasa disebut furnitur klasi abad pertengahan, retro antik atau modern retro yang pada masa ini dapat dikenali dari tembikar buatan Eropa dan Amerika. Perabotan modern dari Denmark juga cukup populer pada masa itu. Untuk menghidupkan nuansa klasik modern ini bisa mengkombinasikan meja dan kursi dengan kayu kenari, krom atau kaca. Pilih yang bersih dari ornamen atau motif garis-garis lurus. Tidak banyak lengkungan atau ukiran gaya barok. Untuk dinding dapat memilih warna pastel atau netral.

Feng Shui
Feng Shui adalah pilihan baik untuk menata furnitur ruang tamu secara modern untuk mencapai keseimbangan melalui warna, pencahayaan, tekstur dan sirkulasi gerak. Dengan memanfaatkan lima elemen Feng Shui : api, tanah, logam, air dan kayu. Elemen kayu diwakili oleh warna hijau, warna yang cukup populer pada perabotan modern. Elemen api, gunakan lilin, perapian dan lampu. Warna coklat, kuning dan krem juga modis digunakan sebagai mebel ruang tamu modern. Tanah liat pot dan patung-patung, ubin batu dan puncak batu alam dapat berfungsi sebagai unsur tanah. Penggunaan warna emas, perak, putih dan abu-abu dirasakan cukup fashionable untuk ruang tamu modern. Penggunaan air mancur dan warna hitam dan biru bisa mewakili elemen air. Pastikan semua elemen tersebut ditempatkan dengan benar untuk menciptakan keseimbangan dalam ruangan.

Modern Minimalis
Untuk menampilkan ruangan yang rapi, maka gaya modern minimalis adalah pilihan yang tepat. Mulai dengan menambahkan beberapa lukisan di dinding. Hanya saja untuk gaya minimalis maka pemakaian bingkai / frame bisa dihilangkan, atau cukup menggunakan bingkai yang sederhana dengan motif garis lurus saja. Warnai semua elemen ruangan dengan warna putih, hitam, abu-abu atau metalik. Bantal dan sofa harus menggunakan satu warna atau polos.  Elemen dekoratif semuanya harus tampil sederhana dan polos seperti vas kaca dengan satu tangkai bunga, atau piring polos ukuran besar dengan buah-buahan atau permen akan tampil melembutkan dan berkesan bersih. Tujuan gaya modern minimalis adalah untuk memiliki ruang yang bersih, rapi dan tampak sempurna.

Komentar