Cassa Finisterra : Sensasi rumah mewah di pinggir pantai

Desainer interior Rees Roberts bekerjasama dengan Arsitek Steven Harris untuk mendesain sebuah rumah modern yang menakjubkan terletak di Cabo San Lucas. Proyek yang terletak persis di pinggir tebing berbatu yang cukup curam ini kemudian diberi nama sebagai Casa Finisterra. Dengan kondisi lingkungan sekitar yang cukup tandus dan tidak bersahabat namun rumah ini mampu menyuguhkan panorama pantai di Semenanjung Baja yang cukup memukau.


Casa Finisterra dibangun dengan material bangunan seperti beton, logam batu, dan kaca. Interior rumah ditata sangat modern dan elegan. Perairan berkilau di depannya dirancang sebagai bagian dari landsekap rumah ini. Ditambah dengan keberadaan infiniti swimming pool yang menyatu dengan atmosfer keindahan pantai. 



Di beberapa bagian sudut rumah juga memperlihatkan ekspose dari bebatuan yang cukup besar sehingga memberi kesan harmoni antara lingkungan sekitar dan hunian tersebut. Hunian ini memiliki banyak bukaan berupa kaca-kaca besar untuk menampilkan keindahan pemandangan pantai yang dapat dinikmati dari dalam ruangan.


Banyaknya bukaan tentunya mempunyai konsekuensi terhadap panas yang masuk ke dalam ruangan mengingat bangunan ini terletak di pinggir pantai dengan panas yang cukup terik di siang hari. Permasalahan ini kemudian diselesaikan dengan penambahan cantilever yang cukup panjang untuk mereduksi panas yang berlebihan. Sehingga penampakan rumah ini dari jauh menjadi didominasi oleh atap dak beton yang cukup lebar.


Dinding rumah memakai warna-warna netral seperti putih, krem, dan abu-abu. Dengan furniture minimalis bertujuan untuk tidak terlalu mengalihkan perhatian terhadap pemandangan sekitarnya yang begitu indah.


Teras dengan dinding batu di samping rumah merupakan ruang peralihan yang dapat digunakan untuk bersantai menikmati pemandangan bersama keluarga.


Material batu ekspose ini juga digunakan sebagai pembatas pada infinitte swimming pool dan dinding samping bangunan. Material batu ini secara dominan cukup terekspose dari luar sehingga mampu menghubungkan harmonisasi dari bagian rumah dengan landsekap sekitarnya yang didominasi oleh bebatuan terjal.


Komentar