Rumah modern dengan sentuhan green architecture


Proyek rumah ini dinamakan Beachaus I yang dibangun oleh pengembang InHaus Development. Konsultan arsitektur PB Elemental yang berkantor di Seattle mendesain rumah ini dengan menggabungkan konsep modern minimalis dan berkelanjutan (green architecture). Tampak depan rumah sudah menggambarkan penggabungan dua konsep ini. Pada bagian sebelah kanan rumah dengan penampakan material berupa beton menunjukkan sisi modernitas yang kaku namun tetap nampak indah, Sedangkan di sebelah kiri dengan dinding berlapis kayu menunjukan sisi arsitektur hijau yang berkelanjutan. Dengan halaman depannya berupa pepohonan yang rindang sangat kontras dengan carrport beton yang ada di sampingnya. Kaca-kaca besar sebagai bukaan pencahayaan alami menjadi penyatu dan penyeimbang dari dualisme gaya arsitektur ini.


Rumah dua lantai yang terletak di British Columbis ini dirancang untuk keluarga yang aktif, dinamis, dan efisien. Dengan memiliki luasan kurang lebih 700 M2, rumah ini terdiri atas dua lantai. Lantai pertama memiliki dua kamar tidur lengkap dengan kamar mandinya. Terletak di blok sebelah kiri sebagai area private. Sedangkan blok di sebelah kanan merupakan garasi pada bagian depannya serta sebuah kantor dibelakangnya.



Ruang kerja sekaligus sebagai kantor pribadi memiliki akses (pintu masuk) tersendiri. Sebagai area semi publik yang memisahkan kegiatan pribadi (keluarga) dengan kegiatan kantor (umum).


Ruang tidur di lantai satu tampil sangat ringkas dengan seperangkat lemari yang dibuat menyatu ke dinding. Ruang tidur sebagai area private walaupun dekat kantor namun keberadaannya dipisahkan oleh ruang masuk (penerima tamu).


Kesatuan dalam penataan interior ruangan terlihat jelas pada pemakaian warna dinding dan plafon yang sama yaitu warna putih. Pelapis lantai untuk seluruh ruangan termasuk anak tangga dan teras outdoor menggunakan lantai parket kayu. 

Lantai 2 secara keseluruhan merupakan wilayah private. Di sana terdapat tempat tidur utama, kamar mandi utama, powder room (ruang berhias), ruang keluarga, ruang makan, dan dapur. 


Penggunaan lantai kayu mampu memberikan sentuhan kehangatan dari dominasi warna putih yang lebih berkesan dingin dan kaku. Furniture yang dipilih bergaya modern, tanpa ukiran dengan dominasi warna gelap. Pemilihan warna gelap (hitam) ini seolah-olah memang ingin menunjukkan nuansa ruang yang dramatis dari perbedaan warna hitam dan putih. 





Elemen lain yang cukup menonjol dari hunian ini adalah digunakannya bukaan-bukaan yang cukup besar dari kaca. Bukaan kaca ini selain menghadirkan pencahayaan dan penghawaan alami ke dalam ruangan juga mampu menambah keindahan tersendiri terhadap bangunan ini. Bentuk dasar geometris yang sederhana justru mampu menampilkan keindahan serta harmonisasi dengan keseluruhan bentuk bangunan.

Komentar

Posting Komentar