Ide menarik untuk memanfaatkan loteng rumah

Beberapa tipe rumah terkadang menyisakan ruangan kosong pada bagian atap yang sering kita sebut sebagai loteng.Rumah di Amerika pada umumnya memiliki bentuk atap model pelana dengan berbagai macam variasinya. Loteng biasanya digunakan sebagai gudang untuk menempatkan barang-barang yang sudah tidak dipakai. Dengan ukuran yang cukup luas sebenarnya loteng juga bisa dimanfaatkan sebagai ruangan untuk beraktivitas. Berikut ini adalah contoh ruangan yang memanfaatkan loteng. Semoga bermanfaat.

1. Ruang Tidur
Kamar tidur utama bisa saja ditempatkan di loteng. Kamar tidur yang ditempatkan di loteng akan memberikan privasi yang lebih terjaga. Selain itu dengan posisi ruangan yang tinggi memungkinkan pemandangan yang luas ke arah luar.


Loteng memang lebih dipersepsikan sebagai gudang yang gelap suram. Namun, kamar tidur yang ditempatkan di loteng memang sudah merupakan hal yang biasa kita lihat di film-film luar. Untuk menghindari kesan suram dan gelap pada ruangan loteng maka kita dapat memilih warna cat yang terang seperti putih atau warna-warna pastel, sehingga suasana di dalam kamar menjadi lebih ceria dan jauh dari kesan menakutkan.

2. Ruang Kerja
Jika anda menginginkan suasana yang hening dan nyaman untuk mendukung konsentrasi anda dalam bekerja, maka tidak ada salahnya jika merubah loteng di atas rumah kita menjadi ruang kerja. Dengan jumlah perabot yang tidak terlalu banyak maka loteng yang sempit sekalipun akan bisa dimanfaatkan. Ruang kerja anda bisa diisi dengan perabotan seperti kursi , meja untuk menulis dan bisa ditambahkan lemari buku yang ukurannya bisa disesuaikan dengan kondisi atap rumah.  


3. Dapur
Tidak ada salahnya menempatkan dapur pada loteng, jika loteng di rumah memiliki luasan serta ketinggian atap yang cukup. Dapur membutuhkan pencahayaan yang cukup serta sirkulasi udara yang baik agar asap dapur dapat dibuang keluar secara alami. Jika ingin menempatkan dapur di loteng pastikan untuk menambah beberapa bukaan (jendela) di atap sebagai pencahayaan dan sirkulasi udara. Pencahayaan hendaknya lebih dioptimalkan pada pencahayaan alami. Sinar matahari mampu lebih efektif membunuh bakteri yang mungkin terselip di setiap sudut ruangan dapur.


Ruangan dapur yang terang akan memberikan kenyamanan ketika memasak, karena sinar matahari yang cerah mampu menerangi setiap sudut ruangan dapur anda.

4. Ruang Tidur Anak
Loteng yang memiliki atap yang rendah, mungkin tidak terlalu banyak pertimbangan dalam pemanfaatannya. Namun anda tidak perlu berkecil hati. Dengan posisi atap yang tidak terlalu tinggi maka anak-anak kecil anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat mereka beraktifitas. Bisa sebagai tempat bermain, belajar, bahkan tidur.   


Dengan ruangan yang terbatas bisa menjadikan anda semakin kreatif dalam memanfaatkan ruangan. Misalnya dengan menempatkan ranjang tempat tidur anak anda sebaris secara bertolak belakang. Untuk menghemat ruangan, anda juga dapat memanfaatkan kolong ranjang menjadi laci pakaian ataupun rak-rak serbaguna. 

Diantara ranjang - ranjang dipisahkan oleh pembatas sehingga meskipun dalam satu ruangan namun anak-anak tetap memiliki sedikit privasi. Selain sebagai tempat beristirahat mereka juga bisa bermain petak umpet bersama teman. Dengan bentuk ruangan yang unik tentunya hal ini sangatlah menyenangkan.

Jika anda memang benar-benar ingin merubah loteng menjadi tempat beraktifitas yang nyaman dan menyenangkan maka ruangan tersebut selain didukung oleh ventilasi udara dan pencahayaan yang baik, juga harus tersedia jaringan utilitas seperti listrik dan air.

Komentar