Langkah awal agar sukses berkebun di halaman rumah

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sukses dalam berkebun sayur-mayur diantaranya pengairan, sinar matahari, dan kesuburan tanah.


Penting
Dalam tahap awal anda harus mengolah tanah terlebih dahulu agar tanaman yang dihasilkan bermutu baik dan menyehatkan. Kebun akan menjalani ekosistem mandiri yang berkesinambungan, menjaga kesuburan tanahnya sendiri, tanpa penggunaan bahan kimia, dan tanpa biaya. Cara mengolah tanah yang baik agar menghasilkan kesuburan secara alami bisa dilakukan dengan cara mencangkul tanah sampai gembur. Tanah yang gembur akan menjaga porositas tanah sehingga mikroba yang baik dapat berkembang. Cacing tanah yang berkembang akan membantu aerasi tanah, sehingga oksigen akan dengan mudah diserap oleh akar tanaman. Disamping itu cacing tanah juga mampu membawa nutrisi dari lapisan bawah tanah naik ke lapisan bagian atas tanah yang dibutuhkan oleh tanaman. Cacing tanah bahkan mampu menetralisir kondisi tanah apakah terlalu asam atau terlalu basa.

Tanaman sayur mayur memerlukan pH seimbang 7.0 agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di segala musim. Tanaman perlu diberi pupuk setidaknya sebanyak dua kali. Satu kali pada saat awal penanaman dan sekali lagi di tengah-tengah musim tanam. Kondisi lahan (kebun) harus cukup mendatangkan sinar matahari selama 12 jam sepanjang hari serta sirkulasi udara yang lancar di sekitarnya.

Kondisi geografis
Letak geografis yang berbeda-beda akan mempengaruhi temperature tanah, suhu udara, dan ketersediaan air. Jenis tanah akan mempengaruhi dan berperan besar dalam menentukan apakah tanaman akan berkembang dengan baik di kebun anda. Kebun yang berlokasi di wilayah yang memiliki iklim lembab harus memberi jarak yang cukup lebar antar tanaman yang satu dengan yang lain. Jarak tanam yang lebar akan memberikan penetrasi sinar matahari dan sirkulasi udara yang cukup. Hal ini juga akan mencegah pertumbuhan jamur dan penyakit lainnya.

Peringatan
Tanaman sayur mayur perlu diberi cukup air. Namun jika pemberiannya terlalu banyak justru akan merusak tanaman karena menyebabkan pertumbuhan hama dan penyakit. Sayuran seperti artichoke, asparagus dan labu membutuhkan air (penyiraman) yang cukup banyak, akan tetapi tanaman bayam, kacang polong dan kacang hijau hanya membutuhkan sedikit penyiraman.

Komentar