9 kesalahan desain interior yang harus anda hindari

Mari kita berbagi tips penataan interior ruangan dengan mempelajari hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Sedikit perubahan yang anda lakukan pada suatu ruangan jika dilakukan dengan benar maka akan membuat perbedaan besar. Jadi mengetahui hal yang benar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya dapat merubah ruang yang kacau menjadi lebih teratur dan terciptalah harmonisasi. Hal-hal yang sebaiknya anda hindari dalam mendesain interior ruangan dijabarkan dalam sembilan poin berikut;


1. Jangan berlebihan menempatkan perabotan di dalam ruangan
Sebuah ruangan seharusnya tidak kelihatan kecil dan sempit. Cobalah untuk menggeser atau memindahkan satu atau dua perabotan. Terkadang terlalu banyak furniture juga tidak menjadi masalah, namun hal ini kembali lagi pada penataan furnitur itu sendiri. Terlalu banyak furnitur di dalam ruangan malah akan membuat ruangan menjadi tampak lebih kecil, lebih sempit dan membatasi gerak.

2. Tidak meletakkan furnitur dengan ukuran yang tidak proporsional
Meletakkan furnitur juga perlu mempertimbangkan kesesuaian ukuran dengan luas ruangan. Furnitur yang terlalu kecil akan membuat ruangan anda menjadi tidak seimbang dan aneh. Mungkin orang akan berfikir seperti rumah boneka. Begitu pula sebaliknya dengan furnitur yang terlalu besar akan menjadi nampak tidak seimbang dan berasa sempit. Oleh karena itu sebelum membeli furnitur baru pastikan anda mengukur furnitur tersebut baik tinggi, panjang dan lebarnya agar sesuai dengan ruangan yang ada. 

3. Tidak berlebihan
Dalam arsitektur modern dikenal istilah less is more, begitu pula dengan furnitur. Furnitur minimalis akan menimbulkan harmonisasi serta menciptakan suasana yang lebih tenang. Terlalu banyak ornamen atau acessoris malah akan menimbulkan banyak pertentangan.

4. Jangan mengurangi pencahayaan
Pencahayaan adalah kunci dan bagian terpenting dari elemen desain. Jika memungkinkan sebaiknya lebih mengutamakan pencahayaan alami. Usahakan untuk tidak menghalangi sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Anda bahkan bisa menambah efek pencahayaan dengan menempatkan kaca atau cermin di depan jendela dan bukaan-bukaan yang ada sehingga sinar matahari dapat memantul dan memasuki ke seluruh ruangan. Tambahkan lampu dengan ukuran yang proporsional untuk menambah pencahayaan jika dibutuhkan.

5. Jangan memilih furnitur sebelum menentukan warna cat dinding
Tentukan warna cat tembok terlebih dahulu sebelum mulai menata interior ruang dengan furnitur pilihan anda. Sebelum menentukan jenis furniture pilihlah terlebih dahulu motif dan warna nya. Bawa sampel atau contoh kain dari furnitur anda dan bawalah ke toko cat agar anda dapat memilih warna dinding yang sesuai. Jika memungkinkan anda bisa melakukan tes dengan mengecat dinding sesuai warna yang telah dipilih. Dalam prosesnya hasil akhir pengecatan mungkin tidak sesuai yang diharapkan. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah pencahayaan alami dari sinar matahari. Tunggulah hasil pengecatan selama 1x24 jam sebelum akhirnya anda memutuskan apakah anda akan memakai warna tersebut atau menggantinya dengan warna yang lain.   

6. Jangan sepelekan budget anda
Tetapkan anggaran terlebih dahulu dan patuhilah. Jangan berbelanja melebihi budget. Jangan membeli terlalu banyak. Jangan membeli semuanya sekaligus. Anda tidak mungkin mendapatkan semua hal yang diinginkan dalam sekejap mata. Dekorasi ruang yang baik adalah yang dikerjakan melalui suatu proses dalam rentang waktu tertentu. Jadi hasil terbaik adalah yang dikerjakan secara perlahan dan dibangun dengan perlahan. 

7. Tidak banyak variasi
Jangan membeli semua perkakas anda dari toko yang sama. Mungkin anda akan merasa lebih mudah jika berbelanja di satu tempat, namun tidak semuanya akan terasa cocok dengan pilihan anda. Dekorasi ruangan yang baik memiliki sentuhan pribadi dengan ukuran yang bervariasi pula. Anda dapat mengkombinasikan dengan melihat referensi dari katalog atau majalah.

8. Jangan sembunyikan jendela anda
Kita umumnya sering melakukan kesalahan dengan memasang tirai atau gorden yang terlalu rendah sejajar dengan sisi bagian atas jendela. Batang gorden sebaiknya dipasang menjuntai mendekati plafon sehingga mampu menciptakan nuansa ketinggian dan memberi kesan luas dalam ruangan. Batang gorden biasanya berupa pipa panjang terbuat dari alumunium yang berfungsi untuk mengaitkan (kain) gorden. Pemasangan batang gorden yang terlalu rendah akan membuat ruangan tampak lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Akibatnya jendela tampak kerdil dan sinar matahari lebih banyak terhalang.

9. Tidak memiliki point of interest
Point of interest adalah titik pusat perhatian yang ada di dalam ruangan. Sesuatu yang dapat mengalihkan perhatian orang ketika mereka memasuki ruangan tersebut. Point of interest bisa berupa jendela yang besar, tungku perapian, atau  karya seni berukuran besar. Anda bisa mulai menata dengan menghadirkan point of interest terlebih dahulu baru kemudian penataan disekelilingnya. Jika memungkinkan bisa saja menghadirkan point of interest lebih dari satu.

Komentar

  1. mungkin pilih furnitur yang netral kali ya biar desainnya bisa masuk ke semua... thanks infonya!

    BalasHapus

Posting Komentar