Bagaimana membuat taman dengan biaya terbatas

Tida ada salahnya jika kita memiliki lahan yang berlebihan untuk dijadikan sebuah taman. Dengan biaya yang tidak terlalu mahal, kita dapat membuat taman yang kita rancang dan buat sendiri. Langkah pertama adalah membuat sketsa halaman rumah anda, termasuk juga kontur (perbedaan ketinggian) tanahnya, teras, jalan setapak, jalan masuk, taman bunga, dan dinding penahan.


  1. Gunakan kerikil atau beton paving untuk jalan setapak. Jika menggunakan kerikil maka pilih yang memiliki potongan kecil. Hindari pemakaian batuan yang halus dan besar karena sangat berpotensi untuk ditempeli lumut.
  2. Cat kembali kursi dan meja bekas anda. Atau anda bisa mendapatkannya di toko loak. Jika anda beruntung maka anda bisa mendapatkan kursi atau bangku taman sesuai selera anda namun dengan harga yang lebih terjangkau. Tambahkan beberapa tanaman dalam pot, lampu outdoor, atau lampu obor untuk suasana malam.
  3. Potong rumput dengan mesin pemotong rumput atau dengan gunting rumput. Agar potongan rumput lebih rapi dan tanaman lebih sehat, sebaiknya pisau pemotong rumput diasah setiap enam minggu sekali. Memotong rumput akan membantu menyuburkan tanah dan menjaga tanaman rumput tetap hijau. 
  4. Buatlah pola taman bunga dengan cara melingkarkan selang taman sesuai sketsa. Selang taman menjadi alat bantu bagi kita untuk membentuk pola lengkungan sesuai dengan desain rancangan taman yang diinginkan. Tambahkan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kompos ke dalam pola lengkungan taman yang telah dibuat. Atur bentuk dan kontur tanahnya sesuai perencanaan. Lapisi bagian atas tanah dengan mulsa organik berupa dedaunan kering misalnya daun pinus. Untuk mencegah tumbuhnya gulma dan tanaman liar yang tidak diinginkan sebaiknya tutupi tanah tersebut dengan kertas koran.
  5. Pilihlah jenis pohon, tanaman, dan bunga yang sesuai dengan iklim setempat sehingga memungkinkan tanaman tersebut mudah untuk tumbuh dan berkembang.
         

Komentar