Hemat energi dimulai dari dapur anda

Mari kita coba untuk cermati betapa banyak energi yang dibutuhkan untuk menjalankan dapur kita sehari hari. Dapur merupakan ruang proses masak memasak yang digunakan setiap hari. Proses menghasilkan suatu masakan / makanan membutuhkan air, api, listrik, gas dan bahan bakar. Efisiensi penggunaan energi di dapur bisa menjadi tolak ukur biaya pengeluaran bulanan rumah tangga secara keseluruhan. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghemat energi di dapur anda.

Ventilasi
Dapur harus memiliki ventilasi dengan luas minimum 20% dari luas dapur. Bukaan jendela mampu mengoptimalkan sinar matahari ke dalam ruangan sehingga menghemat energi karena mengurangi penggunaan lampu.

Posisi Lemari Es
Letakkan lemari es  minimal sejauh 40 cm dari dinding. Posisi lemari es sebaiknya menghindari sumber panas seperti kompor, oven, pemanas ruangan dan sinar matahari secara langsung. Perbedaan temperatur yang cukup ekstrem antara keduanya akan berakibat berkurangnya effisiensi pada peralatan tersebut. Akibatnya sumber daya (listrik) yang dibutuhkan akan semakin besar.

Suhu ideal Lemari Es
Temperatur ideal di dalam lemari es berkisar antara 2 sampai 4 derajat celcius. Sedangkan untuk freezer dapat diatur suhu nya sekitar minus 15 derajat cekcius. Pengaturan pada suhu ideal ini dapat menghemat eneri 70 sampai 80%. 
Rapikan isi Lemari Es
Jangan terlalu lama membuka lemari es. Ketika pintu lemari es dibuka maka terjadi peningkatan daya listrik yang dibutuhkan untuk memulihkan suhu kembali seperti semula. Semakin lama anda membuka lemari es, maka semakin besar pula daya listrik yang diperlukan. Oleh karena itu agar anda tidak berlama-lama membuka pintu lemari es, maka sebaiknya isi lemari es perlu diatur secara rapi menurut kategori/jenis barangnya. Sehingga anda tidak bingung dan dapat dengan cepat menemukan barang yang anda cari.

Tips memasak
Pada saat memasak sebaiknya menutup wajan atau panci untuk mencegah hilangnya panas yang berlebihan. Ketika panas terbuang banyak, maka proses memasak akan berlangsung lebih lama. Akibatnya bahan bakar yang digunakan juga akan semakin banyak.

Hemat energi merupakan isu yang hangat diperbincangkan. Hal ini menjadi tren masa kini seiring dengan semakin mahalnya biaya energi yang mesti dikeluarkan setiap rumah tangga dan tentu saja isu global warming yang kian mengkhawatirkan. Penghematan energi dapat dimulai dari mana saja di setiap ruangan di rumah anda asalkan anda tahu cara melakukannya. Selamat mencoba

Komentar