Tips bertanam tomat di halaman rumah

Masa awal penanaman
Pada masa awal penanaman sekitar minggu ke 3 sampai ke 5 tanaman tomat akan tumbuh sekitar 17 sampai 25 cm dan berwarna hijau muda. Pada fase ini akar tanaman akan makin kuat menembus ke dalam tanah. Pencahayaan sinar matahari sangat berperan penting untuk pertumbuhan tanaman. Usahakan agar tanaman terhindar dari tempat yang teduh dan lembab. PH tanah yang baik untuk tanaman tomat adalah sekitar 6,4 sampai 7,1. Jika pH tanah kurang dari itu anda bisa menambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang. Satu hal penting yang perlu dilakukan sesaat setelah penanaman adalah dengan memberikan air hangat (24 derajat celcius) sebanyak 3,5 liter pada setiap tanaman. Adapun kebutuhan hariannya disarankan untuk memberikan 550 ml air panas pada setiap tanaman.  Jarak antar tanaman yang ideal adalah sekitar 60 sampai 80 cm.
Pertumbuhan tanaman tomat
Tanaman tomat membutuhkan nutrisi agar pertumbuhannya yang optimal dan menghasilkan buah yang baik. Oleh karena itu masalah pemberian pupuk menjadi perhatian penting dalam pembudidayaan tanaman tomat. Pupuk kandang dan kompos bisa anda beli di kios tanaman atau jika memungkinkan bisa anda buat sendiri.


Tanda-tanda tanaman kekurangan nutrisi
Tanaman tomat bisa saja menghabiskan semua kandungan nutrisi dari dalam tanah disekitarnya. Tanaman yang mengalami kekurangan nutrisi tampak dari daun yang berwarna kuning serta pertumbuhan daun dan buah yang lambat. Jika hal ini terjadi maka inilah saatnya anda harus memberi pupuk. Untuk menghindari tanaman mengalami kekurangan nutrisi maka anda harus mengetahui waktu yang tepat pemberian pupuk. Waktu terbaik untuk memberi pupuk pada tanaman tomat adalah beberapa minggu di awal setelah penanaman, sesaat setelah tanaman mulai berkembang, saat tanaman mulai berbuah dan setelah anda memanen buah tomat untuk pertama kalinya. Selamat berkebun.

Komentar