Memilih tanaman yang tepat di dalam ruangan

Tanaman dalam ruangan mampu menampilkan kesan alami pada setiap rumah maupun kantor. Kehadiran tanaman di dalam ruangan tidak hanya sebagai elemen dekoratif semata namun juga menyediakan udara yang segar ke dalam ruangan. Jenis tanaman dalam ruangan sangat bervariatif mulai dari tanaman hijau sampai tanaman bungan yang berwarna-warni.

Tanaman hijau
Tanaman yang paling mudah untuk ditanam di dalam ruangan antara lain dari jenis kaktus, lili paris, lidah buaya dan bambu jepang. Tanaman lidah buaya dan kaktus dapat ditanam secara terpisah atau berkelompok. Tanaman kaktus tahan hidup dalam kondisi tanah yang kering. Beberapa jenis kaktus akan berbunga setiap tahun sekali. Tanaman lili paris merupakan jenis tanaman yang mudah ditanam dan cepat tumbuh. Sedangkan tanaman bambu hias lebih sedikit membutuhkan perawatan, mudah tumbuh bahkan dalam kondisi yang minim pencahayaan. 

Jenis tanaman lain yang bisa anda pilih adalah dari jenis tanaman bonsai. Tanaman bonsai membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tumbuh. Anda juga memerlukan perhatian yang lebih dalam perawatannya seperti memotong ranting serta membentuk batang dan cabangnya menjadi bentuk yang artistik.

Tanaman berbunga 

Bunga akan menambah keindahan suatu ruangan. Tanaman berbunga yang cocok di tanam di dalam ruangan antara lain amaryllis dan begonia. 
Amaryllis
Amaryllis mudah tumbuh dan berbunga dengan berbagai macam varian warna seperti merah, merah muda dan kuning. Tanaman amaryllis berbunga sekitar bulan Agustus sampai September tiap tahunnya. Tanaman ini bisa tumbuh setinggi 60 cm. Jika daunnya mulai tua sebaiknya segera dipotong agar tumbuh daun baru yang lebih indah. Amaryllis akan mudah berbunga jika mendapatkan sinar matahari yang cukup.
Begonia
Tanaman begonia (Begoniaceae) lebih disukai sebagai tanaman hias di dalam ruangan karena karakteristiknya yang lebih toleran terhadap ruangan dengan pencahayaan matahari yang minim. Begonia tumbuh sekitar 6 sampai 9 inchi dan memiliki varian bunga dengan warna kuning, merah, putih dan merah muda.

Bunga pacar air (Impatiens balsamina L) juga mudah tumbuh dengan pencahayaan alami yang minim. Bunga pacar air memiliki banyak variasi warna dan terkadang bisa menghasilkan dua macam warna dalam satu tanaman. 

Tanaman lain yan cocok ditanam di dalam ruangan adalah violet afrika (Saintpaulia ionantha). Tanaman berbunga ini sulit untuk tumbuh dan membutuhkan air yang cukup namun tidak berlebihan. Sebaiknya jangan meletakan tanaman ini di hadapan ventilasi udara dan pintu masuk untuk menghindari hembusan udara dingin secara langsung.

Tanaman berukuran besar
Tanaman yang berukuran besar biasanya diletakan ke dalam pot dan mampu menghadirkan kesan tinggi pada sebuah ruangan. Tanaman palem bambu (Chamaedorea erumpens) misalnya mampu tumbuh sampai setinggi 2 meter. Tanaman ini juga mampu beradaptasi dalam ruangan dengan pencahayan yang rendah. Selain sebagai penghias ruangan tanaman palem bambu juga berfungsi sebagai penyedot racun (polutan) udara di dalam ruangan.
Tanaman berukuran besar lainnya adalah karet hias (Ficus Robusta) yang dapat tumbuh sampai 2 meter. Karet hias memiliki lapisan daun yang mengkilat. Tanaman ini menyukai lingkungan ruangan yang hangat namun tetap bisa tumbuh di dalam ruangan berpendingin udara. Sama seperti halnya palem bambu, karet hias juga mampu menyerap racun di dalam ruangan sehingga mampu meminimalisir efek dari sick building syndrome (SBS).

Komentar

  1. ide tanaman udah ada, rumah minimalisnya yg di depan danau kaya di www.citralakesawangan.com/?p=1405 cocok tuh :)

    BalasHapus

Posting Komentar