Ide dan kreatifitas rancang bangun menggunakan material bambu (bagian 2)

2. Bandara Udara Baraja di Madrid, Spanyol.
Bandara udara Baraja di kota Madrid, Spanyol merupakan proyek terminal udara terluas yang pernah dikerjakan. Dengan total luas bangunan mencapai lebih dari satu juta meter persegi dan menelan biaya sekitar satu trilliun euro, terminal baru ini dirancang untuk melayani 35 juta penumpang setiap tahunnya. 


Struktur bangunan menggunakan tiang-tiang baja prefabrikasi. Kolom baja ini kemudian mendukung rangka atap yang berbentuk lengkung menyerupai gelombang. Yang menjadi menarik disini adalah bahwa rangka atap bandara terbuat dari susunan bambu yang dibiarkan terekspose sehingga mampu memberikan kesan etnik serta eksotisme tersendiri.

Pemilihan bambu yang identik dengan kesan tradisional sebagai material penyokong atap pada bangunan modern dan megah ini memang menjadi menarik untuk kita ketahui lebih lanjut. Material bambu sengaja dipilih karena memiliki beberapa keunggulan diantaranya :
1. Bambu memiliki kekuatan yang cukup tinggi. Bahkan daya kekuatan tariknya mampu disejajarkan dengan baja.
2. Bambu memiliki bentuk pipa sehingga momen kelembabannya tinggi. 
3. Bambu memiliki sifat yang elastis dan mampu menahan momen lentur. 

Dengan berbagai kelebihannya maka struktur bangunan dari bambu dinilai memiliki ketahanan yang baik terhadap angin dan gempa. Akan tetapi sifat bambu yang kuat ini tidak bisa dimanfaatkan dengan maksimal jika dirangkaikan menggunakan pasak atau tali dengan kekuatan rendah. Merangkai bambu menggunakan paku dan pasak justru akan menjadikan bambu mudah pecah. 


Bambu sebagai material atap yang digunakan pada bangunan ini dirasakan tepat karena sifatnya yang elastis dan lentur sehingga mampu menyesuaikan dengan bentuk atap yang melengkung. Bentangan modular atap yang sangat lebar pada atap terminal juga tidak menjadi kendala karena bambu yang tumbuh di alam memiliki bentang yang sangat panjang. Sifat dan karakteristik bambu yang kuat mampu mendukung struktur atap bangunan karena dapat menahan beban angin dengan baik.(openbuildings)


Komentar

  1. terima kasih infonya sangat menarik

    BalasHapus
  2. bagus jg sih tp awet ga ya klo buat dijadikan bahan membangun rumah kan jangka waktu panjang tuh

    BalasHapus

Posting Komentar